Seiring dengan pemutakhiran data siswa madrasah melalui aplikasi SIBOS PINTAR yang baru saja diluncurkan. bermunculan berbagai masalah, problem dan kendalam dalam pengerjaan. Berdasarkan pengalaman dari tean-teman operator madrasah, Madrasah Online Mencoba mendokumentasi aneka masalah dan solusi yang terjadi dalam pengerjaan Aplikasi SIBOSS PINTAR 2018.
Sibos Pintar sendiri merupakan sisrem pendataan terbaru yang dirilis oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah (KSKK Madrasah) Kementrian Agama. Aplikasi Web Desktop online ini bertujuan sebagai sarana validasi data penerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Program Indonesia Pintar (PIP).
Berbagai masalah, problem, dan kendala yang sering dijumpai saat melakukan pemutakhiran data melalui aplikasi SIBOS PINTAR, beserta dengan solusi yang bisa dicoba antara lain adalah.
1. Verso Update Check - Never Application version exist
Masalah yang di atas : Saat membuka aplikasi Sibos Pintar muncul kotak pesan dialog "Version Update Check" dengan pesan "Never apllication version exist, your have to replace current app please download lates version installer in this link, and reisntalling" Yang dimana artinya aplikasi yang kita gunakan merupakan versi lama dan untuk itu harus di install versi terbaru.
Solusi yang di atas : Klik saja OK hingga brouser membuka link untuk melakukan update aplikasi Sibos Pintar yang versi terbaru, dan apa bila tidak muncul link download bisa menuju kelink ini untuk download menual.
2. Version Update Check - Ada versi yang lebih baru
Sama juga seperti di ata jika muncul kotak dialognya.
3. Windows Installer - Another version of this product is already installed
Masalah : Saat akan menginstall aplkasi Sibos Pintar yang terbaru atau mencoba install lagi akan mncul jendala notifikasi "Windows Installer" dengan pesaan "Another version of tihs product is ready installer. Installer of this version cannot continue. To configure or remove the existing version of tihs product, use Add/Remove Program on the control Panel"
Yang dimanana artinya aplikasi telah terpasang versi SIBOS PINTAR, untuk mengganti ke versi yang lebih baru, silahkan melakukan penghapusan aplikasi yang lebih lama terdahulu. Sehingga solusi masalah ini adalah menginstall terbaru dahulu aplikasi yang ada baru melakukan install ulang.
Untuk cara penghapusan (menghapus/remove) aplikasi SIBOS PINTAR lewat control panel caranya adalah:
1. Klik menu "star" atau bendra star di keyboard
2. Pilih "Control Panel" (Untuk Windows 8 / 8.1 / 10 tuliskan saja Control Panel )
3. Klik "Program and Feature"
4. Jika tidak ada , klik "Unistall Program"
5. Cari program yang bernama "SetupSIBOSPINTAR"
6. Lalu "Unistall"
7. Jika muncul notifikasi, klik saja "Yes"
8. Tunggu sampai Unistall Program selesai
4. NET Framework Initialization Error - To run this
Masalah : Muncul kotak pesan pada aplikasi "Sibospintar_Admin.exe, .NET Framework Initialization Error" dengan pesan dialog "To run this aplication, ypu fist must install one of the following version of the .NET Framework:v4.0"
Dimana artinya komputer atau laptop belum terinstall .NET Framework atau sudah terinstall tetapi dengan versi kurang dari yang disyaratkan yakni minimal versi 4.0. Ini solusi dari kasus adalah dengan mengunduh dan mengistall .NET Framework"
Untuk pengunduhan .NET Framework v4.0 bisa disini atau disini dan lakukan istalasi (usahakan dalam keadaan offline internet). Apabila .NET Framework terpasang baru lakukan install SIBOS PINTAR kembali.
5. Login not succes - Kombinasi UserID and Password tidak ditemukan
Masalah : Saat melakukan login ke aplikasi Sibos Pintar muncul dengan kotak pesan dialog kesalahan "Login not Success" dengan kombinasi pesan "Kombinasi UserID and Password tidak ditemukan". Yang diamna artinya userID ataupun password yang anda gunakan untuk login salah. Solusinya, cek kembali username (userID) dan passsword yang digunakan.
UserID dan password standar adalah :
- UserID (usernama) : NSM masing-masing madrasah
- Password : User12345 (huruf "U" menggunakan huruf besar/kapital)
Jika masih tidak bisa, bisa jadi karena sebelumnya password sudah dirubah dan kita lupa atau memang ada kesalahan dalam sistem data. untuk solusinya silahkan hubungi admin Kabupaten/Kota agar dilakukan pengecekan dan reset password.
Tips.
Ada baiknya sebelum melakukan perubahan password, tambahkan terlebih dahulu admin madrasah lainnya (untuk datu madrasah, bisa lebih dari satu admin) sehingga jika salah satu pswword admin lupa, masih bisa untuk melakukan login.
6. Login not success - Unable to connect to the remote server
Masalah : Saat membuka aplikasi muncul pesan "Error on check app version" atau "Login not success" dengan pesan "Unable to connect to the remote server". Yang ini artinya komputer atau laptop tidak terhubung dengan koneksi internet. Tentu solusinya harus di hubungkan dengan internet terlebih dahulu.
Untuk Permasalahan selanjutnya akan di posting pada Part 2. silahkan shared ke pada teman-teman madrasalah lainya untuk yang mengalami permasalalah yang sedang terjasi.